Minggu, 17 April 2011

PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI SURABAYA

Saat ini permasalahan lingkungan banyak sekali terjadi terutama di kota-kota besar, salah satunya adalah Surabaya. Permasalahan timbul seiring dengan bertambahnya jumlah jiwa yang mendiami suatu wilayah, baik yang menetap maupun yang tidak menetap.
            Surabaya yang mempunyai jumlah penduduk mencapai sekitar 5 juta jiwa pasti menimbulkan banyak permasalahan lingkungan apabila pengelolaan sumber daya dan pemanfaatannya tidak dikelola secara maksimal. Dari sekian banyak jumlah penduduk akan berimbas pada permasalahan kebersihan dan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Contohnya, volume sampah akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, begitu juga dengan polusi udara, karena dengan semakin banyaknya jumlah penduduk semakin banyak pula emisi gas dari kendaraan bermotor yang dikeluarkan. Selain itu harga kebutuhan sehari-hari juga semakin meningkat karena terjadi persaingan untuk memperolehnya. Dampak yang lebih jauh lagi adalah meningkatnya angka pengangguran yang berakibat pada meningkatnya angka kriminalitas.
            Penanggulangan-penanggulangan permasalahan sampah sebenarnya telah dilakukan oleh pemerintah, tetapi masih belum terlaksana secara maksimal. Hal ini disebabkan kurang sadarnya penduduk untuk menerapkan hidup bersih dan sehat. Selain itu, permasalahan polusi udara disebabkan tidak ada peraturan pemerintah dalam pembatasan pemilikan jumlah kendaraan bermotor dalam setiap KK. Hal ini juga ditunjang dengan semakin gencarnya iklan-iklan kendaraan bermotor yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan kendaraan bermotor dengan harga dan fiture yang bervariasi.  
            Permasalahan-permasalahan di atas tidak hanya terjadi di kota Surabaya saja, kota-kota lain terutama kota-kota besar juga mengalami hal yang serupa. Padatnya jumlah penduduk di kota disebabkan anggapan bahwa mencari pekerjaan di kota lebih mudah, sehingga menimbulkan perpindahan secara besar-besaran penduduk desa ke kota. Jika para urban ini tidak mendapat pekerjaan yang layak, maka untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya ada yang menggunakan segala cara untuk mendapat sesuap nasi, akibatnya angka kriminalitas semakin meningkat. Jika mereka tidak mendapatkan tempat tinggal karena belum mampu membeli rumah atau tanah, maka mereka akan lebih memilih untuk mendirikan perkampungan-perkampungan kumuh di tepi sungai sehingga menyebabkan pencemaran sungai dan terhambatnya arus sungai. Atau yang lebih parah lagi adalah mereka menggelandang di sembarang tempat seperti di emperan toko, bawah jalan tol dan lain sebagainya, sehingga mengakibatkan ketidakrapian.
            Masalah yang ditimbulkan dari besarnya jumlah penduduk ini ternyata mempunyai akibat yang banyak dan semuanya itu berdampak buruk. Di sisi lain, daerah yang kepadatan penduduknya jarang seperti di Papua, pedalaman Kalimantan dan Sulawesi mengalami kesulitan untuk berkembang karena kurangnya pemberdaya-pemberdaya untuk memajukan daerah mereka. Walaupun program transmigrasi telah terlaksana, tetapi masih belum terjadi pemerataan penduduk yang merata. Kesadaran untuk bertransmigrasi juga masih kurang karena penduduk di kota asal telah terbiasa dengan fasilitas-fasilitaas kehidupan yang tercukupi yang mungkin tidak akan di dapat di daerah transmigrasi.
            Untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang terkait dengan besarnya jumlah penduduk ini, maka perlu diadakannya aturan-aturan baru atau pelaksanaan aturan-aturan lama dengan lebih intensif. Pemerintah perlu membuat aturan tentang batas pemilikan jumlah kendaraan bermotor setiap KK untuk mengurangi polusi udara yang terjadi, sekaligus dapat mengurangi efek global warming dan penghematan pemakaian bahan bakar motor. Selain itu, pembatasan iklan kendaraan bermotor dengan pemberian pajak yang tinggi serta pemungutan uang parkir yang tinggi agar para pengguna kendaraan bermotor berpikir ulang untuk menggunakan kendaraan bermotor. Tetapi untuk mewujudkan ini, pemerintah harus membenahi dahulu sistem transportasi yang masih belum teratur. Sistem transporatasi yang nyaman dan efisien tentu akan lebih dipilih daripada menggunakan kendaraan pribadi. Pengadaan bus way dan kereta yang memadai akan lebih mengurangi kemacetan dan polusi udara serta resiko terjadinya kecelakaan. Lebih dari itu, perlu adanya kesadaran dari masyarakat Indonesia sendiri untuk mematuhi peraturan yang dibuat serta mengesampingkan ego dan prestige bahwa seseorang akan lebih terhormat dan dihargai bila nampak seperti orang kaya. Karena anggapan ini yang membuat mereka untuk berlomba-lomba memenuhi kebutuhan hidup yang lux tanpa memikirkan manfaat dan akibat dari perbuatannya, misalnya setiap anggota keluarga mempunyai kendaraan bermotor sendiri-sendiri.
            Untuk permasalahan sampah, sebaiknya lebih disosialisasikan untuk mengurangi jumlah pemakaian sampah plastik, karena sampah ini susah diuraikan oleh dekomposer. Selain itu, kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan juga masih sangat kurang sekali dari masyarakat Indonesia, akibatnya terjadi penyumbatan-penyumbatan pada saluran air yang berakibat terjadinya banjir di musim penghujan. Permasalahan banjir sendiri juga dapat disebabkan kurangnya daya peresapan tanah terhadap air hujan. Hal ini dapat disebabkan karena maraknya pembalakan hutan atau banyaknya tanah yang diaspal atau dipaving sehingga daya peresapan tanah terhadap air hujan menjadi berkurang.
            Pengurangan kepadatan penduduk pada suatu daerah tertentu dapat diatasi dengan program transmigrasi, sehingga penyebaran penduduk menjadi rata. Semua solusi ini, dapat berjalan bila pemerintah benar-benar merealisasikannya, tentunya dibantu dengan kesadaran masyarakat Indonesia untuk mematuhi dan melaksanakan peraturan yang telah dibuat.

2 komentar:

  1. Selamat malam mbak mau bertanya, industri yang berada dikawasan Sungai Kalimas ada apa aja ya? apakah industri itu membuang limbah nya ke Sungai? terimakasih mbak sebelumnya

    BalasHapus
  2. Like this and Share ya

    http://wisnubrotosurabaya.blogspot.com/
    https://www.facebook.com/wisnubrotoforsurabaya

    http://pemilu2019surabaya.blogspot.com/


    https://www.facebook.com/groups/486054028194825/

    https://twitter.com/De_Consultante/lists/wisnu-broto-for-surabaya

    #wisnubrotoforsurabaya pic.twitter.com/att7Z6HkZE



    #pemilu2019 pic.twitter.com/att7Z6HkZE

    ,

    http://youtu.be/kx--dFzB0rw

    Terimakasih,

    Sukses dan Sehat Selalu



    Caleg di Surabaya, Caleg DPRD 2019, caleg DPRD Surabaya, Caleg Pemilu 2019 Surabaya, pemilu, pemilu 2019, Pemilu 2019 Surabaya, Pemilu di Surabaya, caleg DPRD 2019 Surabaya,



    Wisnu Broto Surabaya untuk kita



    #calegdprdsurabaya

    #pemilu2019surabaya

    #surabayauntukkita

    #suararakyatsurabaya



    Bersama Bapak WISNU BROTO

    Caleg DPRD SURABAYA

    BalasHapus