Minggu, 17 April 2011

TIPS MENGATASI RASA TAKUT

           Tak dapat dipungkiri, setiap diri kita pasti pernah merasakan takut. Entah perasaan takut yang sesaat ataupun perasaan takut yang berkepanjangan. Menurut beberapa ahli, perasaan takut ini muncul sebagai reaksi emosional jika kita sedang terancam atau dalam keadaan bahaya. Bahaya ini dapat bersumber dari hal-hal kecil seperti takut ditertawakan, takut dimarahi, takut diejek dan lain sebagainya. Sebenarnya, rasa takut itu adalah hasil halusinasi dan bersumber dari diri kita sendiri. Seringkali rasa takut itu disertai dengan reaksi-reaksi tubuh seperti detak jantung bertambah cepat, gemetar, telapak tangan menjadi dingin, muka berubah pucat, bahkan ada orang yang reaksinya berlebihan hingga tidak mampu menahan buang air kecil. Nah, berikut beberapa tips untuk mengatasi rasa takut:

  •   Bertanya pada diri sendiri, Mengapa aku takut? 
Untuk bisa mengatasi rasa takut, kita harus bisa mengenali penyebab rasa takut itu. Seringkali perasaan takut itu disebabkan halusinasi kita yang berlebih. Contohnya, pernahkah kamu merasakan ketika sedang berjalan sendirian waktu malam hari melewati tempat yang sepi, tiba-tiba terlintas di pikiran bagaimana jika nanti ada hantu seperti pocong atau kuntilanak yang muncul di belakangku, atau bagaimana jika nanti ada penjahat yang menghadangku dan lain sebagainya. Penyebab ketakutan seseorang terhadap sesuatu berbeda-beda, bergantung pada halusinasi yang diciptakannya sendiri. Oleh sebab itu, identifikasilah penyebab rasa takutmu dengan menanyakan pada diri sendiri mengapa saya takut? Pantaskah saya takut dengan hal ini (hal yang kamu takuti)?
  • Kendalikan dirimu dengan menciptakan solusi dari ketakutanmu
Setelah kamu mengetahui penyebab dari ketakutanmu, maka segeralah untuk mencari solusi dari ketakutanmu. Biasanya orang akan takut pada hantu setelah mendengar cerita-cerita tentang hantu atau melihat film horor di televisi. Oleh sebab itu, kurangilah kegemaran untuk mendengarkan cerita atau melihat film-film horor. Jika penyebab halusinasi yang berlebih tentang hantu karena kita teringat pada cerita-cerita horor itu, maka tanamkanlah pada dirimu, itu hanya cerita yang direkayasa. Hantu itu hidup pada dimensi yang berbeda, sehingga kecil kemungkinan kita bisa melihat hantu di alam kita. 
  • Lakukan tindakan untuk mengatasi rasa takutmu
Kalahkan rasa takutmu dengan melakukan tindakan. Misalnya, ketika kamu takut pada hantu di saat kamu berjalan sendirian di tempat yang sepi, maka cobalah untuk berjalan dengan tenang, sambil tetap berpikir positif bahwa kamu tidak akan bertemu dengannya. Jika pikiran tentang hantu yang seram itu tetap muncul, maka bayangkanlah hantu yang ada di pikiranmu sedang berbuat konyol, sehingga kamu akan lebih rileks. Jika pada akhirnya ketakutanmu pada hantu tidak terbukti, maka ketika kamu mengalami hal yang sama, kamu akan lebih berani lagi dan rasa ketakutanmu itu lama-lama akan hilang. 
  • Berdoalah
Di saat kita mengalami ketakutan yang tak menentu, maka berdoalah pada Sang Maha Kuasa. Karena dengan berdoa kita akan lebih merasa tenang, sebab kita yakin adanya kekuasaan di luar diri kita yang mengendalikan semuanya. Di samping kita berusaha untuk mengendalikan rasa takut pada diri kita, kita juga memohon pada Sang Pemberi Takut agar kita selalu dalam lindungan-Nya.

4 komentar:

  1. assalamu'alaikum,
    wah... jazakumullah ilmunya dah di share mba.
    insya allah bermanfaat \(^-^)/

    BalasHapus
  2. waalaikumsalam..
    amien ya rabbal alamien...
    jazakallah dah follow juga.. ^^

    BalasHapus
  3. setiap orang pasti punya rasa takut,,,dan dari pengalaman dan kebiasaan rasa takut itu bisa hilang dg sendirinya,misal ktika pertama kali naek sepeda kita sangat takut sekali jika jatuh,namun karna sudah terbiasa jatuh,diri kita sudah kebal dan tidak takut lagi,.menurut pnddpt anda gmna???

    BalasHapus
  4. itu benar.. tp terkadang ada orang yang mempunyai takut yang berlebihan.. sebab ia pernah punya pengalaman buruk dengan hal yang ditakutinya tersebut.. dan orang ini tidak dapat mengendalikan rasa takutnya,, makanya ia butuh motivasi atau bantuan dari luar agar ia dapat mengatasi rasa takutnya itu.. dan yang terpenting buat menghilangkan rasa takut adalah keteguhan dan keyakinan dirinya bahwa hal yang ia takutkan itu belum tentu akan terjadi..

    BalasHapus