Selasa, 03 Mei 2011

MANFAAT MEMBACA


Apakah kamu suka membaca? Menurut istilahnya, membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis baik itu dari media cetak atau media elektronik. Bahan yang dapat dijadikan bacaan pun juga beragam, dapat berupa fiksi atau nonfiksi. Bagi orang yang sangat haus ilmu, membaca dapat menjadi sebuah kegiatan yang sangat mengasyikkan. Tetapi, bagi orang yang tidak terlalu suka membaca, membaca dapat menjadi sebuah kegiatan yang sangat membosankan. Ada juga orang yang  membaca untuk  menghilangkan rasa penat dengan bacaan-bacaan yang bersifat humor.
Setiap kegiatan pasti ada manfaat dan kerugiannya, begitu juga dengan membaca. Nah, berikut beberapa faedah atau manfaat yang dapat kita ambil ketika kita membaca:  
  1. Membaca dapat mengusir perasaan was-was, kecemasan dan kesedihan. 
  2. Membaca dapat menghindarkan seseorang agar tidak tenggelam dalam hal-hal yang dilarang agama. 
  3. Membaca dapat menjauhkan kemungkinan seseorang untuk berhubungan dengan orang-orang yang menganggur dan tidak memiliki aktivitas. 
  4. Membaca dapat melatih lidah untuk berbicara dengan baik, menjauhkan kesalahan ucapan, dan menghiasinya dengan intonasi yang baik. 
  5. Membaca dapat mengembangkan akal, mencerahkan pikiran dan membersihkan hati nurani. 
  6. Membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan daya ingat serta pemahaman. 
  7. Dengan membaca, orang dapat mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain, kebijaksanaan para orang-orang bijak dan pemahaman para ulama dan ilmuwan. 
  8. Mematangkan kemampuan seseorang untuk mencari dan memproses pengetahuan, untuk mempelajari bidang-bidang pengetahuan yang berbeda, dan penerapannya dalam kehidupan nyata. 
  9. Menambah keimanan, khususnya ketika membaca buku-buku karangan kaum muslimin. Sebab buku merupakan pemberi nasehat yang paling agung, pendorong jiwa yang paling besar dan penyuruh kepada kebaikan yang paling bijaksana.
  10. Membaca dapat membantu pikiran agar lebih tenang, membuat hati agar lebih terarah, dan memanfaatkan waktu agar tidak terbuang percuma. 
  11. Membaca dapat membantu memahami proses terjadinya kata secara lebih detil, proses pembentukan kalimat untuk menangkap konsep dan untuk memahami apa yang berada di balik tulisan.

Dan tentu saja masih banyak manfaat-manfaat lain yang dapat kita ambil dari membaca yang belum tertulis di sini. Mari tingkatkan kepribadian kita dengan banyak membaca… :)

3 komentar:

  1. ada g trik2 / cara ngbuat orang jd suka membaca ?.... khususx akuh,,,agak males sama hobi yg satu ini

    BalasHapus
  2. hemm.. dulu aQ juga pernah c ditanyain temen tentang trik buat suka membaca.. menurutQ kalau itu pemula, baca aja yang ringan-ringan dulu.. kan sekarang banyak tu majalah2 yang bukan sekedar gosip aja.. pasti ada pengetahuan baru yang bakal didapat pembacanya.. tapi hobi yg satu ini juga butuh waktu khusus juga.. kalu misalnya lg browsing gt, qt jg bsa baca2 artikel yg manfaat kug.. malah kita bisa dapat banyak ilmu.. tp juga harus pinter2 milih, mana yang pantas dibaca dan mana yang tidak..

    BalasHapus
  3. uke2....makasih taz sarannya ukhti... ^^

    BalasHapus