Rabu, 04 Mei 2011

SUSAH BELAJAR? INI DIA KIAT BELAJAR BAIK DAN EFEKTIF


Apakah kamu sering mengalami kesulitan dalam belajar? Mungkin beberapa kiat di bawah ini dapat membantumu untuk belajar lebih baik dan efektif. Berikut kiatnya:
  1. Ketahui dan baca buku referensi yang ditunjukkan dosen atau guru kita. Baca buku referensi minimal dua kali agar isi buku itu benar-benar kamu pahami. Buku referensi biasanya juga akan disampaikan oleh dosen dalam kuliahnya dan juga yang akan keluar ketika ujian.
  2. Dengarkan kuliah dosen walau membosankan. Jangan tergoda untuk asyik sendiri ketika jam kuliah. Catat juga apa yang disampaikan dosen. Biasanya apa yang disampaikan dosen akan keluar ketika ujian. 
  3. Bentuk kelompok belajar yang anggotanya memang serius untuk belajar dan membagi ilmu di antara mereka. Dengan membentuk kelompok belajar, pemahaman dan wawasan kita tentang sesuatu topik akan lebih matang dan mendalam. 
  4. Bagi SKS yang kamu ambil dalam setiap semester secara seimbang dalam jumlah dan tingkat kesulitan. Jangan hanya mengambil pelajaran yang mudah saja atau yang sulit saja dalam satu semester. Hal ini agar tingkat stres kita merata, tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi dalam semester tertentu yang membuat irama belajar kita akhirnya menjadi tidak konstan. 
  5. Biasakan belajar rutin. Tidak peduli ada atau tidak ujian. Jangan belajar dengan sistem kebut semalam atau yang lebih kita kenal dengan SKS. Sebab, selain meningkatkan stres, SKS membuat ilmu yang kita pelajari menjadi dangkal dan sulit dipahami. 
  6. Jangan lupa untuk menjaga hubungan baik dengan dosen (tapi tidak perlu sampai menjilat). Kadangkala dosen memberikan nilai berdasarkan subyektivitas tertentu. Salah satunya dari ia mengenal mahasiswanya atau tidak. Dosen yang mengenal mahasiswanya akan lebih tidak tega untuk memberikan nilai jelek. 
  7. Jangan tergoda untuk menyontek walau kamu tidak bisa mengerjakan ujian atau tugas yang diberikan dosen. Menyontek hanya akan menumbuhkan mental pengecut dan pecundang. Membuat kita malas belajar karena teerbiasa mengambil jalan pintas (menyontek). Apalagi jika ketahuan, citra kita di mata dosen dan mahasiswa lainnya akan hancur.
Semoga kiat-kiat di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Terutama bagi diri saya sendiri. Selamat mencoba :)

2 komentar:

  1. Woooow... benar-benar berguna nih.. thanks..
    Terus gimana ya cara membangkitkan semangat untuk belajar??kadang-kadang (sering..) boring, trus ngantuk....

    BalasHapus
  2. menurutku boring dan ngantuk pada waktu belajar itu biasanya disebabkan oleh suasana hati yang sedang tidak pas pada waktu belajar... jadi paling ngga kita harus tau apa yang membuat kita enjoy untuk belajar, ini bisa berkaitan dengan bagaimana cara belajar kita, kapan waktu yang cocok untuk belajar, bagaimana kondisi kita ketika belajar dan lain sebagainya.

    BalasHapus