Sabtu, 30 April 2011

RAHASIA SUKSES JEPANG


Jepang merupakan salah satu negara Asia yang maju dan mendapat julukan Macan Asia. Jepang dapat bangkit dengan cepat setelah dua buah bom atom menghancurkan negara ini pada tahun 1945 lalu. Sebagai negara maju di bidang ekonomi, Jepang memiliki produk domestik bruto terbesar nomor dua setelah Amerika Serikat, dan masuk dalam urutan tiga besar dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Jepang adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, G8, OECD, dan APEC. Jepang memiliki kekuatan militer yang memadai lengkap dengan sistem pertahanan moderen seperti AEGIS serta suat armada besar kapal perusak. Dalam perdagangan luar negeri, Jepang berada di peringkat ke-4 negara pengekspor terbesar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia. Sebagai negara maju, penduduk Jepang memiliki standar hidup yang tinggi (peringkat ke-8 dalam Indeks Pembangunan Manusia) dan angka harapan hidup tertinggi di dunia menurut perkiraan PBB. Dalam bidang teknologi, Jepang adalah negara maju di bidang telekomunikasi, permesinan, dan robotika.
Untuk menjadi sebuah negara yang sukses itu tidak mudah, sebab harus didukung oleh banyak hal termasuk karakter masyarakat yang mendiami negara tersebut. Nah, berikut rahasia mengapa Jepang menjadi sebuah negara yang sukses, sebab mayoritas penduduk Jepang mempunyai karakter-karakter antara lain:

  1. Jujur. Saat ini karakter jujur makin sulit dijumpai, bahkan seringnya orang yang berkarakter jujur itu dibenci oleh orang lain dan akhirnya disingkirkan, sebab orang yang jujur itu dianggap sebagai penghalang bagi orang-orang yang menghalalkan segala cara untuk meraih keinginannya. Tetapi, karakter inilah yang akan membawa kita kepada kesuksesan. Jadi, jangan ragu-ragu untuk berbuat dan berkata jujur, walaupun terkadang jujur itu menyakitkan. 
  2. Ingin dirinya bermanfaat. Karakter inilah yang membuat seseorang akan terus berkarya. Sebab dengan keyakinan bahwa ia ingin bermanfaat bagi orang lain, ia akan terus berkarya hingga menghasilkan sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh orang lain. 
  3. Semangat mencipta. Karakter ini erat kaitannya dengan karakter di atas. Dengan karakter semangat mencipta, maka akan banyak karya-karya yang dihasilkan, sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain. Dengan semangat mencipta pula, berarti seseorang tidak akan berhenti untuk selalu belajar dan mencoba. 
  4. Empati dan kerjasama. Dalam berbisnis, karakter ini sangat dibutuhkan agar selalu terjalin hubungan yang baik antara pemimpin dan karyawannya. 
  5. Rendah hati. Karakter ini susah dijaga bila posisi seseorang sedang berada “di atas”. Oleh sebab itu, orang yang mempunyai karakter ini walaupun ia sedang berada “di atas” akan lebih dihormati oleh kawan dan disegani lawan. 
  6. Azas manfaat. Dengan azas manfaat ini, maka setiap akan berbuat atau menghasilkan sesuatu pasti akan berpikir, adakah gunanya bila hal ini saya lakukan atau saya buat. 
  7. Berterimakasih. Jangan lupa untuk berterimakasih pada orang-orang yang telah berjasa pada kita. Karena di dunia ini tidak mungkin kita dapat hidup sendiri. Kita pasti mmbutuhkan pertolongan dari orang lain. 
  8. Disiplin. Sikap disiplin sangat dibutuhkan bila ingin mencapai kesuksesan. Bila tidak ada sikap disiplin yang diterapkan dalam segala hal, mustahil kesuksesan akan diraih. 
  9. Suka memberi. Para pebisnis Jepang dengan suka hati memberikan gagasan demi kemajuan perusahaan. 
  10. Mau mendengar. Mau mendengarkan saran dan kritikan orang lain agar menjadi orang yang lebih baik lagi atau agar menghasilkan karya yang lebih baik lagi. 
  11. Teliti. Teliti dalam berkarya agar hasil dari karya kita kecil kemungkinan mengalami cacat, sehingga kerja keras kita dalam berkaya  tidak akan sia-sia. 
  12. Kebersamaan yang kuat. Kebersamaan di sini adalah perasaan sederajat, sehingga tidak suka untuk membeda-bedakan status sosial. Karena pada hakikatnya derajat kita adalah sama di mata Allah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar